Tanda Tahi Lalat Ciri Kanker

Tahi lalat merupakan keadaan kulit umum yang kerap muncul di kebanyakan orang. Sejumlah tahi lalat timbul dari lahir, meski umumnya muncul di 30 tahun pertama. Walaupun bisa saja mengganggu pemandangan, tahi lalat umumnya sama sekali tidak mengancam. Sebagian besar tahi lalat jinak, atau tidak memiliki sifat kanker. Tapi di beberapa kasus langka, tahi lalat bisa mengganas jadi melanoma, salah satu kategori kanker kulit. Apakah saja gejala tahi lalat yang bisa disebut sebagai ciri kanker kulit?

Apakah bedanya tahi lalat normal dan tanda tahi lalat ciri kanker?

Dokter Eko Priatno Spd menuliskan didalam blognya bahwa: Kanker melanoma umumnya ada yang menjadi bintik warnanya gelap mirip tahi lalat normal serta berevolusi dengan amat cepat di kulit. Melanoma bisa timbul pada area yang belum pernah mempunyai tahi lalat, ataupun dari tahi lalat yang berganti ukuran, bentuk, ataupun warna. Di sejumlah kasus, melanoma yang warnanya merah, gatal serta bisa berdarah. Seperti ini cara yang cukup efektif mendeteksi gejala tahi lalat kanker.

Periksa kulit Kamu

Kamu musti mengecek kulit Kamu tiap beberapa bulan untuk mencermati adanya tanda tahi lalat yang baru muncul ataupun apakah saya tampilkan perubahan di tahi lalat yang telah ada.

Tanda tahi lalat yang sifatnya kanker ialah perkembangan baru bisa timbul pada bagian tubuh mana saja, tapi yang sangat sering muncul di punggung, kaki, tangan serta wajah. Sejumlah tanda tahi lalat mencurigakan yang musti Kamu perhatikan ialah:

  • Satu tahi lalat yang mempunyai Dua ataupun lebih warna berbeda
  • Pinggiran tahi lalat yang tidak rata ataupun ujung bergerigi
  • Tahi lalat yang berdarah, gatal, merah, bengkak, ataupun berkerak
  • Tahi lalat yang membesar dengan seketika
  • Bila didiagnosis serta diatasi di fase awal, operasi pengangkatan melanoma umumnya berhasil. Operasi acapkali dipergunakan untuk menjadi perawatan pertama untuk melanoma. Ketika operasi, Kamu bakal membutuhkan perawatan lanjutan yang cocok untuk melakukan pencegahan kembalinya melanoma. Penting untuk melakukan petunjuk dokter.

mencegah tahi lalat yang memiliki sifat kanker?

Bila Kamu baru mengalami pengangkatan tahi lalat ataupun mempunyai kulit yang warnanya terang yang sensitif atas pertumbuhan tahi lalat, Kamu musti melakukan langkah-langkah preventif ekstra untuk memprotek kulit dari matahari.

Baca juga artikel tentang: pengobatan wasir

Perlindungan dari matahari merupakan cara yang cukup baik serta sederhana untuk melakukan pencegahan kanker kulit. Dibawah sejumlah tips untuk menolong Kamu dengan kulit berwarna terang ataupun mempunyai banyak tahi lalat yang acapkali berisiko tinggi atas kanker kulit.

Bila Kamu mempunyai banyak tahi lalat, Kamu musti terhindar dari berada di bawah sinar matahari terlampau lama, dengan:

  1. Berteduh di bawah naungan bayangan antara jam 11 pagi S.d 3 sore.
  2. Memakai bebajuan pelindung UV, topi serta kacamata hitam
  3. Memakai tabir surya dengan paling sedikit SPF 15 serta memakai ulang tiap 2 Hingga 3 jam, usai berenang ataupun berkeringat.

Terhindar dari pemakaian lampu matahari ataupun sunbed yang menciptakan sinar UV. Bila tahi lalat Kamu sudah ada semenjak Kamu lahir serta tidak berubah, jangan takut. Ingatlah terus untuk perhatikan perubahan di kulit serta memprotek kulit dari sinar matahari. Mau info tentang bedah laparoskopi? klik link ini.

1 thought on “Tanda Tahi Lalat Ciri Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published.